Apakah Hidup Itu Hadiah?

in #story6 years ago (edited)

Harvard's Michael Sandel berpendapat dalam bukunya The Case Against Perfection: Etika dalam Era Teknik Genetika bahwa hidup adalah sebuah anugerah dan bahwa kita harus menerima sifat yang tidak dilarang dari pemberian ini, bekerja menuju penerimaan dan solidaritas dengan orang lain daripada mencari penguasaan yang tak terkendali atas manusia. Tapi apakah hidup itu benar dipandang sebagai hadiah?

IMG_20180217_153706.jpg

Klaim bahwa hidup adalah anugerah secara otomatis memerlukan tanggung jawab dari pihak penerima karunia tersebut untuk menanggapi dengan rasa syukur dan tanpa memperhitungkan sifat dan karakteristik yang tepat dari apa yang telah diberikan dan diterima. Seseorang seharusnya hidup dengan pepatah "Jangan melihat kuda hadiah di mulut" (atau Anda mungkin melihat banyak gigi busuk). Jadi untuk menerima kenyataan bahwa hidup adalah anugerah juga untuk menerima bahwa seseorang berkewajiban untuk merespons dengan cara tertentu dan tanpa memerhatikan kondisi sebenarnya dari apa yang telah diterima.

Tapi apakah itu hadiah hidup sama sekali? Kesamaan dugaan hidup tidak melekat dalam kehidupan itu sendiri. Sesuatu dapat diberikan dan diterima tanpa sesuatu yang menjadi hadiah. Penyakit menular diberikan dan diterima, namun kita biasanya tidak menganggap penyakit sebagai pemberian. Dalam beberapa kasus, beberapa individu akan mengatakan bahwa mereka belajar pelajaran berharga dari perjuangan mereka dengan penyakit. Dalam hal ini, mungkin kita bisa menganggap penyakit sebagai hadiah. Istilah yang lebih baik untuk acara semacam itu, bagaimanapun, akan menjadi ujian.

IMG_20180217_153429.jpg

Tes diberikan dan diterima, sama seperti hadiah. Namun, tes dapat dianggap adil atau tidak adil, tergantung pada apakah tes sesuai dengan tingkat keterampilan dan pengetahuan orang yang diuji, dan apakah tes tersebut bebas dari tipu daya atau tipuan. Kami tidak diharapkan memiliki kewajiban sosial untuk bersyukur karena telah diuji. Kita tidak diharapkan untuk mengabaikan ketidakadilan, bias atau penipuan dalam ujian itu sendiri. Memang, kita memiliki kewajiban untuk mengevaluasi kewajaran pengujian sehingga baik kita maupun pengambil tes lainnya tidak terpengaruh oleh instrumen pengujian yang tidak adil, bias, menipu atau tidak tepat.

Hidup seperti yang kita jalani sekarang ini memiliki banyak fitur yang tidak diinginkan, seperti penyakit, usia tua, durasi yang terlalu singkat, kematian yang menyakitkan, dan keterbatasan lainnya. Mewakili kehidupan sebagai hadiah tanpa mengenali atribut negatif ini adalah bias mendiskusikan bagaimana kehidupan dapat ditingkatkan. Jika hidup hanyalah hadiah, kita harus bertanya-tanya tentang motif atau kompetensi siapa pun yang memilih memberi hadiah semacam itu. Jika Anda berbelanja hadiah yang sempurna untuk memberi seseorang yang Anda cintai, maukah Anda memberi mereka spinal bifida dan penyakit Huntington?

Hidup tidak selalu atau hanya hadiah. Hidup juga merupakan ujian. Unsur penting dari tes ini adalah bagaimana kehidupan itu sendiri dapat ditingkatkan sehingga dapat mengurangi penderitaan, meningkatkan kapasitas, meningkatkan kemampuan, dan memperpanjang durasi setiap aspek kehidupan yang diinginkan itu sendiri. Inilah pelajaran hidup. Beginilah ujiannya terpenuhi. Karunia sejati dari hidup adalah untuk membuatnya lebih baik daripada saat pertama kali diterima.

Steemit.png

Sort:  

Sebuah pencerahan p doktor. Senang bila bapak bisa bisa menghadirkan pencerahan pencerahan seperti ini..salam

Terimakasih Pak Muhammad atas atensinya.